[Ubuntu] Install NetBeans IDE 8.0 di Ubuntu Desktop 15.04

Install NetBeans IDE 8.0 di Ubuntu Desktop 15.04


NetBeans IDE 8.0 akhirnya dirilis pada tanggal 18 Maret 2014, yang menyediakan out-of-the-box kode analisis dan editor untuk berjalan dengan teknologi Java 8 terbaru.

Selain dukungan Java 8, IDE juga memiliki berbagai perangkat tambahan baru yang lebih meningkatkan dukungan untuk Maven dan Java EE dengan PrimeFaces; alat-alat baru untuk HTML5, khususnya untuk AngularJS; dan perbaikan PHP dan dukungan bahasa C atau C ++. Cek catatan rilis untuk informasi selengkapnya.



Installation Netbeans 8.0

1. Download installer
NetBeans IDE 8.0 bekerja lebih baik da lebih cepat dengan distribusi JDK, jadi anda dapat download oracle’s Co-bundled package dari link dibawah ini. Anda mungkin harus mengecek tipe OS 32-bit (x86) atau 64 bit (x64) via System Settings -> Details.


Anda juga dapat mengunduh dari bundles lain di sini

2. Membuat executable permission.
Tekan Ctrl+Alt+T pada keyboard anda untuk membuka terminal. Setelah terbuka, jalankan command dibawah untuk membuat installer executable.

chmod +x ~/Downloads/jdk-8-nb-8-linux-*.sh

Anda mungkin harus merubah “jdk-8-nb-8-linux-*.sh” menjadi seperti nama file yang anda download, setelah itu jalankan command selanjutnya. 

3. Start installer
Diterminal jalankan:

cd ~/Downloads && ./jdk-8-nb-8-linux-*.sh

Ini akan memunculkan antarmuka penginstalan. Cukup ikuti dan Anda akan mendapatkan NetBeans IDE 8 terinstal pada sistem Anda.


(Optional) Untuk uninstall netbeansIDE, run ./uninstall.sh pada directory pengistallan.

Enjoy !
Share:

No comments:

Post a Comment

Visitor

Popular Posts

Labels

Recent Posts

sponsor

MitraTIK menangani perbaikan Komputer, Printer, Installasi Jaringan, Installasi CCTV dan Pembuatan Aplikasi Berbasis Web. Untuk jasa perbaikan dan installasi panggilan, kami melayani panggilan ke rumah, kantor, dan sekolah anda yang berada di area Banjarbaru, Martapura dan sekitarnya.

Popular Post